Hallo Sobat Tekno, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Perkembangan Teknologi Jaringan sampai 5G.

Perkembangan Teknologi Jaringan sampai 5G

Seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat dan pesat khususnya pada ponsel pintar, Ini sudah menjadi kebutuhan primer.

Bagi setiap orang, Karena suatu kegiatan tidak luput akan yang namanya gadget, Kehidupan manusia dalam berkomunikasi dari masa ke masa, Hingga sampai di era serba digital ini sekarang, Telknologi 5G sendiri diperkirakan memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dalam hal mengunduh hingga mencapai 20 Gbps, Namun, Jauh sebelum teknologi ponsel pintar ini hadir suatu perkembangan teknologi seluler diawali pasti dengan generasi pertama sampai bisa ada generasi sejauh di zaman sekarang ini.

Perkembangan Teknologi Jaringan sampai 5G
ilustrasi: Pemancar Jaringan Nirkabel.

Teknologi Jaringan: Generasi Tingkat Pertama (1G)

Teknologi Jaringan 1G pertama kali diperjual belikan suatu perusahaan ada dinegara jepang yaitu nippon telegram telephone pada sekitar 1979.

Awalnya berasal dari Teknologi Jaringan yang cuma diperuntukkan untuk masyarakat yang tinggal diwilayah tokyo saja di waktu itu, Namun 5 Tahun setelahnya, Jalan perusahaan yang berada dinegara matahari terbit ini berhasil melakukan komersil Teknologi Jaringan 1G nya secara merata di negaranya, Kemudian pada tahun 1983 teknologi generasi pertama ini pun berhasil diperkenalkan kembali oleh perusahaan ameritech di amerika.

Teknologi Jaringan: Generasi Tingkat Kedua (2G)

Pada sekitaran tahun 1990an munculah Teknologi Jaringan selanjutnya yakni 2G yang memiliki tujuan meningkatkan layanan dari generasi sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan aplikasi yang dahulu sudh pernah diterapkan seperti short message service, multi media service, akan dikembangkan pada generasi kedua ini, Dengan peningkatan rentang frekuensi menjadi 850-900 mhz, Ambang kecepatan maksimum transfer data yang dimiliki teknologi ini mencapai 10 kbps hingga 473 kbps, Dan terdapat pula 3 layanan yang dimiliki 2G yaitu suara, data, dan MMS.

Teknologi Jaringan: Generasi Tingkat Ketiga (3G)

Untuk generasi ketiga ini dimulai sekitar tahun 2000an, Untuk kecepatannya sendiri yang diberikan pada generasi ini bisa mencapai 144Kbps.

Sampai 2 Mbps, Penerapan aplikasi di generasi ketiga yakni multimedia cell phone, beberapa fitur tamabahan di generasi ini yaitu video call, VoIP, Mobile TV, serta Online Gaming.

 

Lihat Juga: Pembahasan Keunggulan dari WIndows 11

Generasi Tingkat Keempat (4G)

Sekitar tahun 2006 hadirlah generasi keempat, perkembangan dari  generasi sebelumnya yakni teknologi 3G dan setelah hadirnya 4G.

Banyak sekali Teknologi Jaringan menggunnakan aplikasi potensial yang diupgrade termasuk akses web seluler yang diubah, telepon IP, layanan game, TV Seluler, definisi tinggi, Konferensi Video dan Televisi 3D, Untuk kisaran kecepatan maksimum untuk transfer datanya jaringan 4G bisa mencapai sekitar 100Mbps.

Generasi Tingkat Kelima (5G)

Nah yang terbaru sekarang ini, saat mimin berbagi info ini masihlah menjadi yang paling baru dan untuk pertama kalinya.

Jaringam 5G ini diperkenalkan dari negara Korea Selatan di maret 2019, Untuk generasi lima diplubish oleh beberapa perusahaan Jaringan 5G yang diklaim sudah memiliki rentang kecepatan transfer antar data yang mencapai 10 Gbps ke ponsel yang dimana bisa mencapai lebih dari 600 kali lipatnya kecepatan 4G dan 10 kali lebih cepat diatas fiber optik pada rumah, Karena Teknologi Jaringan ini memiliki latensi yang rendah serta kemampuan yang bisa menghubungkan lebih banyak device sekaligus, Jika mau dibandingkan dengan 4G yang hanya memiliki latensi dirata-rata hanya sekitar 50 milidetik, Latensinya rata-rata 5G diperkirakan mencapai 10 milidetik saja.

Penutup

Terima kasih kepada pembaca sobat Tekno senang bisa berbagi Info Perkembangan Teknologi Jaringan sampai 5G.

Sampai Berjumpa di artikel selanjutnya. 🙂

 


Artikel Lainnya: Pengenalan Teknologi Satelit Lebih Mendalam

Penulis