Bermain Nintendo Switch di emulator?

Mau bermain Nintendo Switch di emulator?, bagi kalian yang hanya mempunyai komputer atau hp android, kalian bisa memainkan Nintendo Switch emulator di gadget kalian, tanpa harus membeli Nintendo Switch tapi, dengan menggunakan emulator saja sudah cukup.

Nintendo Switch Emulator itu apa sih?. Lebih tepatnya software emulator yang memungkinkan suatu program yang dibuat awalnya oleh suatu sistem operasi (OS) dan untuk dijalankan dalam sistem itu, tapi dapat dijalankan dalam sistem operasi (OS) yang lain\berbeda.

Contoh:

Memainkan game PS 2 di PC\Android (PS2-to-PC) atau (PS2-to-Android)

Memainkan game PS 4 di PC\Android (PS4-to-PC) atau (PS4-to-Android)

Memainkan game Nintendo switch di PC\Android (NS-to-PC) atau (NS-to-Android).

 

Disini, TechGeeks akan membahas Nintendo Switch emulator apa saja yang bisa kalian pakai :

 

1. YUZU Emulator (PC)

nintendo switch emulator

Yuzu Emulator dirancang sebagai Nintendo Switch emulator PC yang kompatibel dengan semua game. Bahkan, software ini berhasil melakukan proses booting ke berbagai game. Saat ini, belum tersedia Yuzu Emulator Android dari developer resmi karena emulator ini baru dirilis untuk perangkat Windows dan Linux. Namun, kualitasnya tidak usah diragukan karena bisa menghasilkan game dengan resolusi hingga 4K. Nintendo switch di emulator Yuzu merupakan kembangan oleh orang yang sama yang mengembangkan Citra (nintendo 3ds emulator)

Saya sendiri sudah mencoba Nintendo Switch emulator ini, dan Yuzu ini sangat mudah untuk dioperasikan dan sudah banyak game Nintendo yang dapat dijalankan dengan lancar termasuk game terbarunya

 

 

2. Ryujinx Emulator (PC)

nintendo switch emulator

Selain Yuzu, ada juga Ryujinx yang bisa digunakan sebagai Nintendo Switch emulator pada perangkat PC maupun laptop. Software ini kompatibel untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux.

Kamu bisa download emulator Nintendo Switch PC ini untuk menjalankan ratusan game klasik kesukaanmu. Developer juga rutin memberikan update untuk menambah lebih banyak game ke dalamnya.

Meski kualitasnya berada di bawah Yuzu, namun Ryujinx sudah bisa menjalankan game Nintendo Switch pada setting 60 FPS. User interface-nya juga terbilang lebih sederhana dari pada Yuzu. TechGeeks juga sudah mencoba Nintendo Switch emulator ini, kalau saya lebih memilih untuk menggunakan Ryujinx ini karena dalam waktu tidak lama , Ryujinx dapat mengejar Yuzu yang lebih dulu muncul.

Nintendo switch ini dikembangkan oleh Gdkchan, yang terinspirasi dari Yuzu

 

 

3. Skyline Emulator (Windows, Android and iOS)

nintendo switch emulator

Skyline Nintendo Switch emulator ini bersifat open-source experimental menggunakan C++ yang dikembangkan oleh pencipta emulator Citra. Emulator ini dirancang khusus untuk pengguna Android dan iOS.

Pengembangan Skyline terinspirasi dari Ryujinx Nintendo Switch emulator yang tersedia untuk PC. Namun, emulator Skyline masih dikembangkan sehingga belum banyak game yang bisa dimainkan dengan lancar. TechGeeks sempat mencoba emulator ini, akan tetapi dari 5 game yang saya coba , hanya 1 yang bisa berjalan lancar, untuk emulator di hp, skyline harus melakukan pengembangan lebih lanjut lagi agar Nintendo switch di emulator di hp bisa lebih baik lagi

Meski begitu, Nintendo Switch emulator ini tetap direkomendasikan untuk kamu kaum mendang-mending mengingat harga Nintendo Switch yang terbilang cukup mahal.

 

Penulis