Wisata , 7 Januari 2023
5/5

Mengunjungi Candi Saraswati di Bali: Sejarah dan Keunikan

Mengunjungi Candi Saraswati di Bali

Mengunjungi Candi Saraswati merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Bali. Candi ini dibangun pada abad ke-14 dan merupakan salah satu candi Hindu yang masih aktif di Bali. Candi Saraswati terletak di Desa Batuan, Kabupaten Sukawati, Bali, Indonesia.

Candi Saraswati dibangun sebagai tempat pemujaan Dewi Saraswati, dewi kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, dan seni. Candi ini terdiri dari beberapa bangunan yang terdiri dari candi utama, candi perwara, dan candi pelinggih. Candi utama berbentuk persegi panjang dengan dinding yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan kehidupan sehari-hari.

Candi perwara terdiri dari dua buah candi yang terletak di sisi kanan dan kiri candi utama. Kedua candi ini dipercayai merupakan tempat pemujaan Dewi Durga dan Dewi Kali. Candi pelinggih terdiri dari enam buah candi kecil yang terletak di sekitar candi utama. Candi pelinggih ini dipercayai merupakan tempat pemujaan dewa-dewa kecil.

Keunikan dari Candi Saraswati terletak pada relief yang terdapat di dinding candi utama. Relief ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Bali pada zaman dahulu, seperti pertanian, perkebunan, dan perikanan. Selain itu, Candi Saraswati juga merupakan salah satu candi Hindu yang masih aktif di Bali. Pemujaan di candi ini masih dilakukan secara rutin oleh masyarakat setempat.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Candi Saraswati, tempat ini terbuka untuk umum selama jam kerja. Wisatawan bisa menikmati keindahan candi ini sambil belajar tentang sejarah dan keunikan candi ini. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam sekitar candi yang terletak di tengah sawah-sawah yang hijau.

Mengunjungi Candi, Sejarah dan Keunikan

Tempat Penyelenggara Acara Adat dan Keagamaan

Selain menjadi tempat pemujaan, Candi Saraswati juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara adat dan keagamaan. Salah satu acara yang paling terkenal adalah Upacara Melasti, yang merupakan upacara purifikasi yang dilakukan oleh masyarakat Bali sebelum Hari Raya Nyepi. Upacara ini dilakukan di Candi Saraswati dan beberapa candi lain di Bali.

Selain itu, Candi Saraswati juga sering dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar prewedding oleh pasangan yang akan menikah. Candi ini memiliki keindahan alam yang indah dan suasana yang tenang, sehingga cocok sebagai latar belakang untuk sesi foto prewedding.

Candi Saraswati merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Selain menikmati keindahan candi ini, wisatawan juga bisa belajar tentang sejarah dan budaya Bali yang terdapat di candi ini. Jika berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Saraswati dan menikmati keindahan serta keunikan yang ditawarkan tempat ini.

Mengunjungi Candi, Sejarah dan Keunikan

Taman Ayun Temple

Selain mengunjungi Candi Saraswati, wisatawan juga bisa menikmati berbagai wisata lain yang terdapat di sekitar candi ini. Salah satu tempat yang populer di kawasan ini adalah Taman Ayun Temple, yang merupakan salah satu candi terbesar di Bali. Taman Ayun Temple terletak kurang lebih 15 kilometer dari Candi Saraswati dan merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Bali.

Baca Juga: Pura Lempuyang Luhur: Keindahan dan Keagungan Candi Kuno di Bali

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi Desa Tenganan, yang merupakan desa adat yang terletak tidak jauh dari Candi Saraswati. Desa Tenganan memiliki keunikan tersendiri, yaitu masyarakatnya yang masih mempertahankan adat dan kebiasaan lama. Wisatawan bisa belajar tentang budaya dan adat istiadat yang masih dipertahankan oleh masyarakat di desa ini.

Jika ingin menikmati wisata alam, wisatawan bisa mengunjungi Goa Gajah, yang merupakan sebuah gua yang terletak kurang lebih 30 kilometer dari Candi Saraswati. Gua ini dikenal dengan nama Elephant Cave karena terdapat relief gajah di dinding gua ini. Goa Gajah merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Bali.

Dengan demikian, Candi Saraswati merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Bali. Selain menikmati keindahan candi ini, wisatawan juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang terdapat di sekitar candi ini, seperti Taman Ayun Temple, Desa Tenganan, dan Goa Gajah. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan Candi Saraswati dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi saat berkunjung ke Bali.

Artikel Menarik Lainnya!