Menjelajah Lebih Jauh Kedalam Dunia Metaverse

Hallo, sobat Tekno kali ini kita akan membahas dan Menjelajah Lebih Jauh Kedalam Dunia Metaverse, Pegangan dan Pakai sabuk pengaman.

Sebelum membahas metaverse itu tentu kita akan mebahas lebih jauh dulu tentang bagaimana Metaverse ini bisa tercipta sampai sekarang ini, Yakni pada akhir Oktober 2021 seorang pemuda luar biasa yang dikenal sebagai Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook ini dulu, Yang merebranding perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc, Rebranding ini sekaligus untuk memberikan sebuga sinyal dan semua ide-ide gila tentang futuristik teknologi.

Lihat Juga: Nintendo Switch dapat berjalan di Emulator?
Menjelajah Lebih Jauh Kedalam Dunia Metaverse
Ilustrasi: Penggunaan AR.

Sobat, metaverse itu apa sih? metaverse itu adalah sebuah virtual bernuansa 3D yang diciptakan dalam proses yang panjang selama bertahun-tahun dengan mengkombinasikan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Video yang dimana oengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain secara virtual.

Menjelajah Lebih Jauh Kedalam Dunia Metaverse
Ilustrasi: Penggunaan Virtual Reality.

Jauh sebelum Dunia Metaverse sejatinya sebuah istilah Metaverse ini sudah jauh dicetuskan oleh Neil Stephenson, Dalam novel fiksi ilmiahnya.

Bertajuk Snow Crash di sekitar tahun permulaan 1992, Yang dimana menurutnya Dunia Metaverse adalah ruang digital yang berintegrasi dengan teknologi digital dengan mengkombinasikan beberapa teknologi diatas.

Menjelajah Lebih Jauh Kedalam Dunia Metaverse
Ilustrasi: Buku Novel Snow Crash

Tujuan dari diciptakannya Metaverse?

Dari semua itu pasti bukan berarti tanpa alasan teknologi hadir, Metaverse ini adalah untuk membuat komunikasi antar manusia menjadi modern.

Juga dapat sangat mempermudah setiap lapisan masyarakat untuk  melakukan aktivitas sehari-hari seperti Bekerja, Bermain, Bersosialisasi bahkan konser secara virtual didalam metaverse, Di Dunia Metaverse pengguna bisa melakukan semua kegiatan apa saja kedalam bentuk virtual seperti Kumpul ramai atau Mengadakan Meeting Kantoran, Bekerja, Hingga berbelanja online dengan menapaki baju yang diinginkan secara digital didalam ruang digital.

Menjelajah Lebih Jauh Kedalam Dunia Metaverse
Ilustrasi: Bentuk Metaverse.

Perusahaan Meta sendiri sudah meluncurkan aplikasi perangkat lunak  untuk meeting oleh client nya di perusahaan Horizon Workrooms.

Digunakan dengan Headset yang berkisar US$300 lebih sangat bagus untuk memulai langkah integrasi dengan Dunia Metaverse, Setiap pengguna juga dapat memiliki avatarnya sendiri dan dapat di kustom dengan sangat leluasa yang dimana memungkinkan pengguna dapat berjalan sesuai keinginannya.

Ilustrasi: Meeting didalam metaverse.

Sebuah perusahaan Meta juga telah membangun sesuah ekosistem dunia dan lingkungan virtual di metaverse, Platform game Roblox ternama.

Berhasil mengurai semua visinya mengenai metaverse sebagai tempat dimana orang-orang bisa kumpul bersama dan dapat menikmati pengalaman 3D untuk Aktivitas Bekerja, Bermain, Juga bersosialisasi, Selain perusahaan coca-cola dan Clinique juga sudah sempat membuat sebuah token digital sebagai batu loncatannya perlahan menuju metaverse.

Termasuk juga untuk kelas perusahaan raksasa seperti Microsoft dan Nvidia juga mulai membangun sebuah dunia digitalnya masing-masing.

Penutup

Terima kasih kepada semua pembaca sobat Tekno senang bisa berbagi Info, tentang Teknologi ini kepada semua pembaca setia.

Semoga Tren Teknologi di Tahun 2023 ini bisa anda rasakan dan Sampai Berjumpa di artikel selanjutnya. 🙂

Terkait: Menjelajah Lebih Jauh Kedalam Dunia Metaverse

Penulis